+++++ SELAMAT DATANG DI PANGKALAN UTAMA TNI AL VI +++++
We have 9 guests online

Lanal Banjarmasin menggelar Lomba Dayung Perahu Naga 2011
User Rating: / 1
PoorBest 
Written by Dispen Lantamal VI   

Banjarmasin – Dengan sebutan BANJARMASIN KOTA SERIBU SUNGAI maka Pangkalan TNI AL Banjarmasin berupaya ingin lebih meningkatkan kembali  olah raga air di Banjarmasin, hal tersebut disampaikan Komandan Lanal BSN Letkol Laut (P) Achmad Wibisono pada acara pembukaan lomba Dayung Perahu Naga Piala bergilir Gubernur Cup dan piala bergilir Danlanal Cup

di siring sungai Martapura hari  Sabtu 23 Juli 2011. Hadir pada acara pembukaan tersebut Sekdaprov Kalsel HM Muchlis Gafuri mewakili Gubernur Kalsel. Pada pidatonya Sekdaprov mengatakan bahwa Pemda Kalsel mendukung dan berterimakasih kepada Lanal BSN yang selalu konsisten menggelar lomba dayung Perahu Naga.

 

Tampak disela-sela acara pembukaan beberapa anggota Lanal BSN mempertunjukan kebolehannya mengendarai Jetsky yang melintas di depan podium undangan yang menghadap ke sungai Martapura, ditambah lagi dengan sajian tari JAPING kreasi baru  dari Banjarmasin sehingga membuat acara pembukaan Lomba Perahu Naga ini semakin menarik.

 

Sebanyak 58 tim perahu naga beradu kecepatan melintasi jalur sejauh 500 meter di Sungai Martapura, tepatnya di depan kantor gubernur Kalsel. Tim tersebut terdiri atas 23 tim pelajar dan 35 tim umum. Masing-masing perahu diawaki 12 orang, sepuluh orang bertugas sebagai pendayung, satu orang bertugas sebagai juru mudi dan satu orang lagi penabuh gendang, mereka akan beradu kekuatan, kekompakan dan strategi dalam kejuaraan tahunan Perahu Naga, Kejuaraan ini memperebutkan piala bergilir gubernur untuk kategori umum dan piala bergilir Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Banjarmasin untuk ketegori pelajar. Pemenang juga akan mendapat hadiah uang pembinaan dengan total Rp. 50 juta. Ketua panitia lomba dayung perahu naga Dandenpomal, Kapten Laut (PM) Triono Adisusilo mengatakan kejuaraan perahu naga rencananya dibuka oleh Gubernur Kalsel Rudy ariffin, tetapi karena ada tamu Menteri Hukum dan HAM sehingga beliau diwakili oleh Sekdaprov HM Muchlis Gafuri.

 

Kejuaraan Perahu Naga yang digelar selama 2 hari ini diharapkan dapat melahirkan bibit pendayung yang berkualitas, terbukti dengan munculnya juara-juara baru antara lain : Kategori Pelajar Juara 1. SMKN 1 Kusan Hilir Tanah Bumbu. Juara 2. SMAN 1 Kuripan Batola. Juara 3. SMKN 1 Marabahan Batola. Juara 4. SMAN 1 Marabahan Batola. Sedangkan untuk kategori umum juara 1. Haman Putih Banjarmasin, Juara 2. Hanoman Batola, Juara 3. Putra Barito Batola, Juara 4. Ulu Benteng Sport Batola.

 

 
Please register or login to add your comments to this article.

KOMPAS.COM

DETIK.COM

ANTARANEWS.COM

APPLE.COM


Powered by Dispen LANTAMAL VI