+++++ SELAMAT DATANG DI PANGKALAN UTAMA TNI AL VI +++++
We have 11 guests online

TUGAS DAN FUNGSI LANTAMAL VI

Pasal 1
Tugas Pokok

Lantamal VI bertugas pokok menyelenggarakan dukungan logistik dan aministrasi bagi unsur-unsur TNI AL serta kotama TNI AL lainnya dan pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan Pertahanan Keamanan Negara di laut serta tugas-tugas lainnya berdasarkan kebijakan Kasal.

Pasal 2
Fungsi

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut pada pasal 1 diatas, Lantamal VI mempunyai tugas dan kewajiban sebagai berikut :

a. Menyusun dan melaksanakan rencana program pembinaan kemampuan Lantamal VI beserta sarana dan pasarana pendukungnya dalam jajaran Lantamal VI berdasarkan rencana dan program Komando Armada RI Kawasan Timur.

b. Menyediakan fasilitas labuh dan pangkalan bagi kapal, pesud dan Marinir dan satuan Operasi TNI AL lainnya yang melaksanakan tugas di wilayah kerja Lantamal VI.

c. Melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan kapal, pesud maupun kendaraan lain sesuai kemampuan, serta dukungan fasilitas kendaraan bagi unsur-unsur TNI AL.

d. Melaksanakan dukungan pembekalan bekal umum, bekal teknik dan bekal khusus melalui kegiatan pengadaan, penyimpanan serta penyaluran sesuai tingkat dan lingkup kewenangannya.

e. Melaksanakan perawatan personel termasuk perorangan, perumahan, pelayanan dan dukungan kesehatan, angkutan, rekreasi, penegakan serta pembinaan tata tertib dan disiplin, pembinaan mental dan jasmani serta bantuan hukum, serta penyidikan kasus-kasus pidana.

f. Membina kekuatan dan kemampuan jajaran Lantamal VI meliputi perencanaan, penyusunan, pelatihan, penyiapan dan pelaksanaannya.

g. Melaksanakan pembinaan kemampuan dan penyelenggaraan operasi keamanan laut terbatas dalam rangka penegakan kedaulatan serta hukum di laut dan melaksanakan koordinasi, pengaturan pertahanan pangkalan, membantu proses penyelesaian perkara pelanggaran keamanan laut.

h. Melaksanakan pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan Pertahanan Keamanan Negara di laut berdasarkan rencana dan program Komando Armada RI Kawasan timur. Menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan kekuatan Komsos TNI dalam daerah kewenangannya meliputi :

1. Pembinaan kemampuan dan kekuatan karyawan TNI AL di lingkunagn Latamal VI dalam rangka mendukung peran TNI.

2. Pembinaan Keluarga Besar TNI/ TNI AL di lingkungan Lantamal VI dalam rangka membantu pembinaan Keluarga Besar TNI.

3. Pembinaan Komunikasi Sosial TNI/ TNI AL di lingkungan Lantamal VI dalam rangka membantu pembinaan Komsos TNI.

4. Pembinaan Lantamal VI dalam rangka membantu pembinaan sistem dan metode peran TNI.

i. Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan komando, badan instansi lainnya baik dalam maupun di luar TNI AL untuk kepentingan pelaksanaan tugas pokok.

j. Menyelenggarakan pengawasan melekat di lingkungan Lantamal VI dalam rangka mencapai berhasil guna dan berdaya guna yang optimal terhadap sumber daya yang ada di wilayah kewenangannya.

k. Mengelola kelestarian lingkungan hidup terhadap instansi yang berada di bawah kewenangannya agar tidak terjadi pencemaran terhadap lingkungan sekitarnya.

l. Mengajukan pertimbangan dan saran kepada Pangarmatim khususnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.


Catatan :    Disalin berdasarkan Skep Pangarmatim  Nomor Skep/88/VIII/2003 tanggal 21 Agustus 2003 tentang Pokok -Pokok Organisasi dan Prosedur Lantamal IV (Sekarang Lantamal VI).

 
Please register or login to add your comments to this article.

KOMPAS.COM

DETIK.COM

ANTARANEWS.COM

APPLE.COM


Powered by Dispen LANTAMAL VI